Welcome

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!

Tips Touring Vespa Single Rider

Selasa, 12 Maret 2013

 
 
Sekedar berbagi tips untuk kawan-kawan penggemar touring vespa. Untuk kali ini saya ingin memberikan sedikit tips tentang touring single rider atau sendirian. Sebenarnya lebih baik jika touring bersama-sama, atau minimal 2 motor. Tapi kadang-kadang ada sebagian orang (termasuk saya) yang suka “berkelana” sendiri. Ini ada sedikit tips persiapan untuk Touring Vespa Single Rider, semoga bermanfaat :
1. Rencanakan Perjalanan Anda
Pertama kita harus merencanakan seperti tujuan, rute, rute alternatif, tempat singgah, jalur penting ( rawan macet, bencana, kejahatan atau razia :D ) . Lengkapilah semua data-data tersebut demi kelancaran perjalanan anda kelak. Jika kita ada kesulitan mendapatkan info tentang jalur / rute luar kota, coba cari contact person club-club vespa yang terdekat dengan jalur atau tujuan kita.

2. Persiapan Kendaraan
Paling sedikit 2 minggu sebelum touring sebaiknya kita servis dulu si semok biar prima di perjalanan. Biasanya ganti oli, cek karbu, cek rem, lampu dll, lebih baik menggunakan settingan standar. Sebaiknya konsultasi dengan mekanik anda, apakah ada onderdil yang sudah tidak layak pakai? Jika ada sebaiknya anda ganti terlebih dahulu, daripada terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan di perjalanan. Setelah selesai servis, coba tes untuk jarak tertentu misalnya keliling kota anda sambil momong anak. Kalo ada keluhan segera konsultasikan dan perbaiki.
3. Persiapan Fisik
Siapa bilang persiapan fisik tidak penting? Menurut saya sangat penting sekali, karena posisi kita sekarang adalah touring sendiri (hanya semok yang menemani). Olahraga kecil dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Cobalah jogging 2 hari sekali atau ke tempat pusat kebugaran.
4. Persiapan Administrasi
Seperti mau bikin KTP aja ngurus administrasi? Maksud saya mengurus semua yg berkaitan dengan berkas-berkas, seperti surat-surat kendaraan, SIM, Peta, Contact Person Emergency, Surat Jalan (jika diperlukan), jangan lupa ya bawa duit :D .
5. Persiapan Peralatan
Sudah lazim jika vespa mau touring membawa perlengkapan yang sedikit spesial, ya semua itu demi kelancaran kita di jalan kan…. So gak apa-apa agak banyak yang dibawa.
Peralatan pribadi
Matras + Tenda
Helm, Jaket, Sepatu, Kacamata, Slayer
Pakaian ganti secukupnya
Alat makan, alat solat, alat mandi (alat masak kalo perlu :D )
Kotak P3K
Alat komunikasi (HP, kentongan)

Peralatan Kendaraan
Ban serep (wajib)
Bohlam lampu cadangan
Tali gas & kopling, busi cadangan
Tolkit (pokoknya kunci pas, tang, kunci busi dlll)
Jerigen bensin, tali tambang/webing
Portable Pump (pompa buaya kecil yang biasanya diinjek tuh…)
Bawa tuh baut-baut atau mur cadangan yang rawan terlepas
Semua peralatan tersebut tidak harus dibawa semua jika merepotkan. Sebaiknya kalo touring sih memakai box belakang, agar bisa membawa peralatan yg cukup. Jika tidak punya box, bawa saja yg emergency, kita kan lebih kenal vespa kita, so… kita yang lebh tau dia butuh apa kan.
6. Jangan Lupa Pamitan dan Berdoa
Setelah semua siap berarti kita sudah siap berangkat. Sebelum berangkat jangan lupa pamit ama anak, istri, pacara atau orang tua. InsyaAllah kita selamat sampai tujuan.
Maksud saya selamat sampai tujuan adalah selamat sampai rumah kita kembali. Perlu diingat tujuan utama kita adalah kembali kerumah dengan selamat. Jika kita atau vespa kita sudah tidak memungkinkan mencapai tujuan touring kita sebaiknya kita kembali ke rumah. Lain waktu kita masih bisa mengulanginya kan? Sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri, menurut saya hasilnya akan kurang maksimal dan terkadang mengecewakan. (saya pernah koq :D ).
Oke Bro…. semoga bermanfaat ya…

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Poskan Komentar