Kamis, 05 Mei 2011
Mesin Vespa Susah Dihidupkan
Mesin susah dihidupkan biasanya disebabkan:
- Mesin banjir.
Gejalanya dapat
dilihat dari busi yang basah dan bau bensin menyengat, kalau diselah
(kick starter) terasa lebih berat dan ngelawan.
Cara penanganan:
· Tutup kran bensin, buka gas (throttle) sampai habis kemudian injak selah berulang-ulang sampai hidup.
· Kalau
di selahnya terlalu berat berarti bensin sudah banyak yang masuk ke
karter (crankcase), untuk itu busi perlu dilepas dan di selah
berulang-ulang, kemudian busi dipasang lagi dan coba dihidupkan.
- Spuyer karburator tersumbat atau kotor.
Lepaskan spuyer langsam dan spuyer utama pada karburator kemudian cuci dengan bensin dan ditiup sampai bersih.
- Kran bensin tersumbat atau kotor.
Gejalanya apabila
di tanki bensinnya ada tetapi di karburator kering atau hanya sedikit
bensin. Bersihkan saluran bensin dan kran bensin sampai bensin
benar-benar mengalir bebas ke karburator.
- Pengapian terganggu.
Gejalanya dapat
dilihat dari busi yang tidak mengeluarkan percikan api atau apinya tidak
normal apabila di starter. Cara penanggulangannya sebagai berikut:
· Busi
tidak sesuai dengan spesifikasi, jika tidak sesuai ganti dengan busi
yang sesuai. (lihat data teknis masing-masing jenis vespa berbeda).
· Celah elektroda busi tidak tepat, setel celah busi (gap) +/- 0,6 mm
· Kabel busi atau tutup busi sudah rusak/bocor. Ganti dengan yang baru.
· Penyetelan pengapian (ignition timing) tidak tepat, setel celah platina atur +/- 0,2 mm
· Condensor sudah mati, ganti dengan yang baru. (untuk periksa kondisi condensor pergunakan avometer)
· Koil tegangan tinggi sudah rusak/bocor, ganti dengan yang baru (untuk periksa koil ada caranya tersendiri).
· Spool
pengapian sudah lemah atau mati, cara mengetahuinya tempelkan kabel
dari spool ke body kemudian di starter, apabila tidak ada api berarti
sudah putus dan perlu diganti dengan yang baru.
· Untuk
vespa yang sudah meggunakan system pengapian CDI (tipe PS, PX,
Exclusive, Excel) periksa bagian CDI dan Pulser, apabila ada yang mati
ganti dengan yang baru. (untuk periksa CDI dan Pulser ada caranya
tersendiri).
Sumber:http://www.blogger.com/blogger.g?blogID=4317402882202183304#editor/target=post;postID=1198113861445702614
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer
0 komentar:
Posting Komentar